Hadiri Workshop Deep Learning, MIM Badas Siap Melakukan Transformasi Pendidikan Bermakna
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang berakar pada nilai dan berorientasi pada masa depan, Mim 2 Badas Kediri hadiri workshop pembelajaran bermakna (deep learning). Kegiatan ini dihadiri oleh Citrawati Agustina selalu waka Urusan Kurikulum bersama beberapa guru dari sekolah lain. Workshop yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen dan PNF PWM Jawa Timur ini digelar pada hari Senin–Selasa, 9–10 Juni 2025 bertempat di Blessing Hills Family Resort, Trawas, Mojokerto.
Kegiatan bergengsi ini diikuti oleh 348 peserta dari berbagai sekolah dan madrasah Muhammadiyah se-Jawa Timur. Workshop dibuka langsung oleh Prof. Dr. Khozin, M.Si., Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa transformasi pembelajaran mendalam adalah suatu konsep baru demi mencetak generasi yang berdaya saing, bernilai, dan berpikir kritis.
Workshop ini juga menghadirkan sejumlah narasumber nasional yang kompeten di bidangnya. Salah satunya adalah Prof. Dr. Biyanto, M.Ag., Staf Ahli Kemendikdasmen RI, yang membahas regulasi pembelajaran mendalam sebagai arah baru pendidikan nasional.
Sesi yang sangat inspiratif disampaikan oleh Prof. (Em) Suyanto, M.Ed., Ph.D., Ketua Tim Penyusun Naskah Akademik PM Kemdikdasmen RI. Beliau menekankan bahwa Pembelajaran Mendalam bukan kurikulum baru, melainkan pendekatan menuju pendidikan bermutu dan inklusif untuk semua. Pendekatan ini mengakar kuat pada nilai-nilai pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Ki Hajar Dewantara, dengan tiga prinsip utama: Berkesadaran, Bermakna, dan Menggembirakan.
Tak kalah menarik, sesi pemateri juga menyoroti pengalaman belajar yang harus diberikan kepada peserta didik, yakni kemampuan memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Hal ini disampaikan oleh Dr. Raharjo, M.Pd. dan Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd..
Hari pertama workshop diakhiri dengan simulasi penyusunan Perencanaan Pembelajaran Mendalam (PPM) yang dipandu oleh Dr. Nur Fauziah, M.Ed., di mana para peserta aktif berdiskusi dan berkolaborasi menyusun rencana pembelajaran yang kontekstual, reflektif, dan aplikatif.
Menurut penuturan Citrawati Agustina, workshop ini memberikan wawasan baru dan pemahaman yang utuh tentang bagaimana merancang pembelajaran yang menyentuh nalar, rasa, dan makna, serta relevan dengan karakter dan kebutuhan peserta didik masa kini.
"Pendekatan ini bukan hanya mengganti metode mengajar, tetapi mengubah cara pandang kita terhadap tujuan sejati pendidikan," ujar salah satu peserta dengan antusias. Tutur citra
Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam membangun gerakan pendidikan yang lebih dalam, lebih bermakna, dan lebih menggembirakan di lingkungan pendidikan Muhammadiyah.
Tertarik untuk menerapkan Pembelajaran Mendalam di kelas? Mulailah dengan memahami peserta didik, memfasilitasi kreativitas, dan menggali makna di setiap proses belajar.MIM 2 Badas siap menjadi bagian dari transformasi pendidikan bermakna!
Memasuki hari kedua Workshop Pembelajaran Mendalam di Blessing Hill Family Resort, suasana semakin produktif dan kolaboratif. Para peserta terlihat antusias saat menyusun satu Perencanaan Pembelajaran Mendalam (PPM) sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ampu di lembaga masing-masing.
Kegiatan berlanjut dengan presentasi kelompok, di mana setiap tim memaparkan hasil rancangan PPM mereka secara bergantian. Diskusi berlangsung hidup saat peserta saling menganalisis dan mengevaluasi elemen-elemen penting dalam setiap perencanaan, mulai dari tujuan pembelajaran hingga langkah-langkah implementasi di kelas.
Workshop ditutup secara resmi dengan suasana penuh semangat dan komitmen untuk membawa pendekatan pembelajaran mendalam ini ke dalam praktik nyata di satuan pendidikan Muhammadiyah seluruh Jawa Timur.